Pages

Friday, March 20, 2015

The Casual Vacancy






Judul : The Casual Vacancy

Penulis : JK Rowling

Penerjemah :

Penerbit : Qanita

Tahun Terbit : 2012

Jumlah Halaman : 579 Halaman



Barry Fairbother mendadak meninggal dunia. Ia meninggalkan istrinya Mary serta empat anaknya yang masih remaja. Barry dan Mary telah menikah selama dua puluh tahun. Berita kematiannya menggemparkan Pagford. Siapa yang dapat menyangka datangnya maut ? Barry baru menginjak usia awal empat puluhan dan sebelumnya masih terlihat sehat bermain squash dengan temannya. Nama Fairbrother cukup populer dikenal sebagai anggota Dewan Kota dan sering terlibat kegiatan sosial di Pagford.

Kematian Barry meninggalkan kekosongan jabatan. Collin Walls yang teman dekat Barry bertekad meneruskan perjuangan almarhum. Beberapa lawan politik Barry diam-diam merasa lega. Salah satunya Howard Mollison, Ketua Dewan Kota dan mendapat gelar kehormatan Warga Utama dari Kota Pagford. Perseteruan Barry dan Howard berkaitan dengan sebuah pemukiman bernama Fields yang terletak di perbatasan Pagford dan kota Yarvil. Menurut sejarahnya Fields tadinya area Pagford yang dijual secara ilegal ke Yarvil. Daerah tersebut berkembang menjadi kawasan kumuh dan sarang narkoba. Warga asli Pagford memandang rendah Fields. Bagi mereka, dilahirkan dan dibesarkan di Pagford menjadi keunggulan warga Pagford yang utama. 

Kubu Hogward menginginkan Fields dikembalikan ke Yarvil. Barry Fairbother berasal dari Fields menolak gagasan tersebut. Sekutu Barry di dewan kota adalah dokter Parminder. Selain itu, klinik rehabilitasi pecandu narkoba terancam ditutup. Pengeluaran atas klinik termasuk dalam agenda pemangkasan budget kota Pagford. 

Selain situasi politik lokal yang memanas, yang menarik perhatian adalah kisah hidup seorang remaja dari Fields yang mendapat perhatian khusus dari Barry Fairbother semasa hidup. Krystal Weedon dikenal anak yang bermasalah dari kecil. Ia dibesarkan oleh orang tua tunggal yang pemakai narkoba. Krystal sering ketinggalan dalam pelajaran. Krystal memiliki adik laki-laki berumur lima tahun bernama Robbie. Krystal sering ketinggalan pelajaran. Ia juga anak yang kasar dan sulit diatur. Barry Fairbother berhasil merangkul Krystal bergabung ke dalam tim dayung sekolah Winterdown. Tim Winterdown berhasil mendapat piala dalam kejuaraan dayung. Barry melihat sisi baik Krystal ketika semua orang menganggapnya berperilaku buruk dari kecil. Ibunya, Terri Weedon, berada dalam pengawasan dinas sosial. Robbie terancam diambil paksa dinas sosial jika ibunya gagal direhabilitasi.

Kehidupan kota kecil Pagford yang terhormat ternyata menyimpan konflik.  Kematian mndadak Barry memicu konflik-konflik semakin nyata. Akun anonim yang menamakan dirinya Hantu Barry Fairbother tampil di message board Dewan Kota.  Aib-aib sejumlah keluarga di Pagford muncul secara mengejutkan. Simon Price yang diduga curang, Collin Walls yang mempunyai penyakit mental, hubungan rahasia dokter Parminder dan terakhir menimpa ketua Dewan Kota yang berselingkuh dengan rekan bisnisnya.

Siapa yang berada dibalik akun anonim tersebut? 

The Casual Vacancy menceritakan perbedaan kelas sosial di daerah pedesaan Inggris. Warga Pagford menolak anggaran kota dihabiskan untuk membantu Fields yang penduduknya lebih banyak pengangguran dan pelaku kejahatan. Barry Fairbother adalah contoh nyata keberhasilan pendidikan yang bisa membuat kehidupan lebih baik. Barry dibesarkan di lingkungan kurang lebih sama dengan Krystal Weedon. Ia dan ibunya tinggal di trailer. Barry mendapat beasiswa dan menjadi orang pertama dari keluarganya yang menginjak universitas. Barry adalah inspirasi.

Ketika novel baru JK Rowling ini booming, saya cukup berhasil menahan diri untuk tidak buru-buru membeli The Casual Vacancy. Dan setelah membeli novelnya pun The Casual Vacancy sudah lama mandeg di currently reading saya. Keuntungan membaca novel yang telah lewat masa boomingnya bisa menilai lebih jernih dari kata-kata promosi yang melambungkan ekspektasi.
 

Review buku ini diikutsertakan dalam Read Big Challenge.






No comments:

Post a Comment

Thank your for leaving comment. :)