Pages

Monday, September 23, 2013

Karena Kita Tidak Kenal


Judul  : Karena Kita Tidak Kenal

Penulis : Farida Susanty

Penerbit : Grasindo

Tahun Terbit : 2013



Karena Kita Tidak Kenal Sejauh apakah kita mengenali diri sendiri, keluarga, teman, pacar bahkan Tuhan ?

 Kelima belas cerpen plus satu bonus cerita dalam Kumpulan cerpen 'Karena Kita Tidak Kenal' mempunyai satu tema yaitu asing. 'Bagaimana cara menarik orang asing' tentang remaja yang terobsesi dengan sosial network, friendster. Jika disesuaikan dengan jaman sekarang mungkin friendster sudah ketinggalan jaman. Ada facebook, twitter, path, instagram, goodreads, dan sosial media lainnya. Kuantitas friend atau follower seringkali jadi parameter kepopuleran seseorang. Walaupun sebagian besar dari jumlah tersebut adalah orang-orang asing. 'Joker' mengenai seorang remaja cewek yang ingin diakui oleh genk sepermainannya. Sebenarnya ia tidak benar-benar cocok dengan gengnya. Lalu datang lah anak baru Indri. Pindah sekolah sudah hal yang biasa namun ia mudah saja mencair dengan teman-teman yang lain. 'Siapa' menceritakan Rina yang sedari kecil sudah diarahkan menjadi dokter oleh orang tuanya. Rina gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi di fakultas kedokteran. Ayahnya masih berusaha agar Rina bisa menjadi dokter. 'Selamat Ulang Tahun' yaitu surat dari seorang ayah untuk putrinya. Bagaimana dalam kurun waktu tertentu si putri kecil tumbuh terasing dan tidak kenal satu sama lainnya dengan si ayah. 'Rahasia' tentang seorang remaja yang bertemu dengan pria paruh baya dan menceritakan rahasia yang tidak bisa ia ceritakan pada orang yang ia kenal. Disini keterasingan menjadi kenyamanan untuk mereka berbagi kisah hidup. Tanpa nama,tanpa kenal satu sama lain.

 'Culik' tentang anak kecil yang dibawa pergi karena desakan ekonomi. 'Tuhan' menceritakan seorang mahasiswa atheis bernama Rio. Ia tidak percaya Tuhan beserta ritual-ritual agama apapun. Ketika ia mencalonkan diri sebagai ketua senat,saat itulah pertarungan ideologisnya mendapat tantangan dari calon yang berasal dari organisasi keagamaan. 'Pemakaman'. Ada kah yang mengirimkan undangan pemakaman?. Ketika Soni meninggal dunia, sebuah undangan melayang ke mantan istrinya, Dini. Pemakaman yang dihadiri oleh orang-orang asing kecuali Dini dan anaknya. 'Pada suatu Hari, di sebuah jalan',seorang laki-laki memberikan tumpangan pada gadis yang duduk di tepi jalan dan ditengah guyuran hujan. Perkenalan keduanya membawa ke hari yang indah bagi gadis tersebut. Sayang,si laki-laki sudah memiliki pacar sehingga tidak bisa meneruskan hubungan mereka. Cerita kesepuluh memakai huruf kanji dan saya tidak tahu bacanya dan bagaimana menuliskannya. Manusia seharusnya tidak merasa asing dengan malaikat tersebut. Karena cepat atau lambat, dia akan datang. 'Yang Diuntit' tentang gadis yang merasa seumur hidupnya diikuti seseorang atau sesuatu. Agak absurd ceritanya ini. 'Musik' tentang lagu dari Paris Harrington - New York City. Well, this is me. And my dreams and my hopes. I want to keep dreaming, dreaming,and moving on. Running and flying to place I want to go. This is me. And my feeling, my strength. Maybe I'm lost, maybe I can't find the way. But someday I will shine, shine, shine. And coming home for you.

Cerpen berikutnya berjudul WWS tentang penolakan seorang anak pada ibu barunya. Keluargaku tidak butuh orang asing. Orang asing tidak bisa jadi keluargaku. 'Pandangan Pertama' menceritakan seorang pria yang jatuh cinta pada pandangan pertama sekalipun sang wanita akan menikah dengan tunangannya. Alice in wonderless land adalah cerpen favorit versi penulis. Ah saya juga suka cerpen yang ini. Cocok untuk semua yang merasa bosan atau stagnan dengan kehidupannya. Bonus cerita 'Halo' agak creepy. Seseorang yang mengajak kenalan lewat handphone karena tidak digubris, tindakannya menjadi anarkis.

Setiap orang pasti pernah menjadi 'orang asing' bagi orang lain. Dari perkenalan dan interaksi sosial akhirnya zona asing pun lenyap. Tapi dengan orang-orang yang kita kenal baik pun kita bisa merasa asing. Things change. Feelings Change. People change.

No comments:

Post a Comment

Thank your for leaving comment. :)